Kandungan Gizi dan Khasiat Sayuran Asparagus

Kandungan Gizi dan Khasiat Sayuran Asparagus

Anda tahu asparagus? Atau Anda mungkin sudah sering memakan sayuran yang satu ini? Ya, asparagus (asparagus officinalis) adalah sejenis sayuran yang banyak digunakan sebagai bahan makanan. Selain rasanya yang enak, kandungan gizi di dalamnya pun cukup banyak. Asparagus tenyata juga bermanfaat dan berkhasiat bagi tubuh salah satunya bisa memperbaiki kinerja ginjal. Lebih jauh lagi, apa saja sih kandungan gizi dan khasiat dari sayuran yang satu ini?

  1. Asparagus yang biasanya direbus atau dibikin jus kaya kandungan gizi yaitu vitamin C, vitamin E, vitamin B6, kalsium, magnesium, seng, protein, vitamin A, vitamin K, tiamin, riboflavin, rutin, niasin, zat besi, fosfor, potassium, tembaga, mangan, dan selenium, serta kaya akan serat alami yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Sayuran ini juga memiliki kandungan kalori yang rendah, tidak mengandung lemak atau kolesterol, dan memiliki kandungan sodium yang sedikit.
  2. Dalam asparagus juga banyak terkandung asam folat.
    Asam folat dapat membantu memudahkan mendapatkan kehamilan. Selain itu, asam folat sangat berguna bagi ibu hamil dan janin, untuk melindungi cacat tabung saraf bada bayi. Terus mengkonsumsi asparagus setelah kelahiran juga akan memperlancar produksi air susu Ibu (ASI).
  3. Berkhasiat bagi kesehatan tubuh.
    Khasiat asparagus bagi tubuh antara lain mampu memperbaiki sistem kardiovaskuler dengan memperkuat fungsi hati, memperbaiki aliran darah, dan memperkuat kapiler tubuh.
  4. Sayuran ini juga berkhasiat untuk mencegah penyakit radang sendi, baik untuk penderita artritis, melindungi pecahnya pembuluh darah, mampu perbaiki kinerja ginjal, dan usus karena sifat diuretiknya (mengeluarkan cairan yang tak berguna dari tubuh dalam bentuk air seni). Dengan kata lain akibat efek diuretik ini akan membuat saluran urin menjadi lebih lancar dan mampu menghilangkan kristal ginjal. Namun jangan heran bila setelah mengkonsumsi asparagus, urin Anda agak sedikit berbau tajam seperti sehabis memakan petai.
  5. Asparagus dapat mencegah kram selama menstruasi.
  6. Asparagus memiliki antioksidan sehingga mencegah efek-efek penuaan.
  7. Asparagus mampu menaikkan libido dan memberikan rasa nyaman.
  8. Asparagus membantu dalam treatmen penyakit HIV.
  9. Asparagus membantu mencegah multiple sclerosis.
  10. Asparagus membantu mencegah penyakit kudis.
  11. Asparagus juga bagus untuk mata karena dapat mencegah katarak.
  12. Makan asparagus juga mampu menutrisi rambut untuk mencegah rambut rontok.
  13. Asparagus juga dapat menangkal kanker, khususnya kanker paru. Kandungan agen anti kanker di dalamnya mampu menyusutkan tumor, dan meningkatkan produksi sel darah putih.
  14. Asparagus juga berguna bagi penderita sakit gigi.

Cara penyajian asparagus juga perlu diperhatikan agar segala manfaat dan kandungan gizi di dalamnya tidak hilang. Cara pengolahan yang baik adalah dengan merebus asparagus sekitar 3-4 menit, lalu diolah menjadi sup atau kimlo. Selain sedap disantap, khasiatnya juga luar biasa untuk kesehatan tubuh.

 

Referensi :

http://informasitips.com/kandungan-gizi-dan-khasiat-sayuran-asparagus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: