Tugas Tambahan Minggu 1

Pengertian Etika Menurut Pendapat Ahli

Etika (Yunani kuno: “ethikos”, berarti “timbul dari kebiasaan”) adalah cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standard an penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep serperti benar, salag, baik dan buruk.

Menurut Drs. H. Burhanudin Salam, etika adalah cabang filsafat yang berbicara mengenai nilai moral yang menentukan perilaku manusia dalam hidupnya.

Menurut KBBI, Pengertian etika merupakan kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak atau kode etik an pengertian etika lainnya dimengerti sebagai nilai mengenai benar dan slah yang dianut suatu golongan atau masyarakat.

Menurut Rosita noer, etika adalah ajaran dan pengetahuan tentang yang baik dan yang buruk menjadi tuntutan untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

Menurut Prof. DR. Franz Magnis Suseno, Pengertian etika adalah ilmu yang mencari orientasi atau ilmu yang member arah dan pijakan pada tindakan manusia. Etika merupakan pemikiran bagaimana manusia harus hidup dan bertindak. Pengertian etika yang dibuatnya lebih menitikberatkan bahwa etika bisa membantu manusia untuk bertanggung jawab atas kehidupannya.

Sumber :

http://www.anneahira.com/pengertian-etika.htm

http://simalangokiki.blogspot.com/2011/10/pengertian-etika-menurut-para-ahli-dan.html

 

Perbedaan Antara Egoisme dan Hedonisme

Egoisme merupakan motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang hanya menguntungkan diri sendiri. Manusia yang egois cenderung menuntut orang-orang disekelilingnya untuk memenuhi segala apa yang ia butuhkan tanpa mement8ingkan orang lain.

Hendonisme adalah pendangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan.

http://id.wikipedia.org/wiki/Egoisme

http://id.wikipedia.org/wiki/Hedonisme

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: